Hijabuna

Luxury Indonesian Hijab

ice cube machine

Tips Perawatan Ice Cube Machine Agar Lebih Awet Dan Tahan Lama

Posted by:

|

On:

|

,

Memiliki ice cube machine sendiri di rumah, memang menjadi keuntungan menjanjikan bagi para pengguna dalam memproduksi es batu dalam jumlah besar. Akan tetapi agar mesin tersebut lebih awet dan tahan lama, tentunya membutuhkan perawatan yang tepat, bukan? Karena itulah, berikut ada beberapa tips perawatan mesin yang bisa dilakukan di rumah. 

Kerusakan yang sering terjadi pada mesin pembuat es

Sebelum melakukan perawatan mesin es batu, sebaiknya Anda perlu mengenal terlebih dahulu mengenai beberapa masalah kerusakan yang sering dialami mesin tersebut. Beberapa masalah kerusakan yang umum dialami oleh mesin pembuat es batu, antara lain sebagai berikut :

  • Mesin es tidak dapat menyala dengan normal.
  • Kondisi mesin es yang mengalami kelembapan tinggi.
  • Mesin es mengeluarkan suara bising.
  • Masalah filter air kotor di mesin es. 

Bagaimana cara perawatan pada ice cube machine yang tepat?

Sebagai upaya untuk meminimalisir terjadinya kerusakan pada mesin pembuat es batu, Anda bisa melakukan beberapa langkah perawatan mudah berikut ini.

  1. Bersihkan mesin pembuat es dengan sikat khusus

Langkah pertama, Anda bisa membersihkan mesin pembuat es batu tersebut secara rutin. Dalam membersihkan mesin tersebut, pastikan Anda menggunakan sikat khusus seperti sikat nilon. Yang mana, hal ini akan sangat membantu dalam menjangkau bagian – bagian mesin yang sulit dibersihkan.

  1. Pastikan tegangan listrik dalam kondisi stabil

Perlu Anda ketahui, bahwa mesin es bisa aktif digunakan pada tegangan listrik tertentu. Ketika menggunakan mesin pembuat es batu, sebaiknya Anda memperhatikan tegangan listrik yang disuplai benar – benar dalam kondisi stabil. Sehingga, hal ini tidak akan mempengaruhi penggunaan mesin es batu tersebut nantinya. 

  1. Cek hasil es batu secara rutin

Perawatan yang juga tidak kalah penting untuk Anda lakukan, yakni pastikan untuk selalu cek hasil es batu secara rutin. Disini, Anda bisa melakukan pengecekan dalam jangka waktu 2-3 bulan sekali. Dengan demikian, maka Anda akan tahu apakah mesin tersebut masih dapat menghasilkan produktivitas es batu yang tinggi atau justru sebaliknya.

Demikianlah tadi informasi penting bagi Anda mengenai beberapa tips perawatan pada ice cube machine agar awet dan tahan lama. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *