Hijabuna

Luxury Indonesian Hijab

ladder iron

Jenis-Jenis Besi Plat Strip Yang Anda Harus Tahu

Posted by:

|

On:

|

Plat strip besi sudah banyak digunakan untuk beragam fungsi, seperti pembuatan railing tangga. Penggunaan plat strip besi pada railing tangga berfungsi untuk memberikan pegangan yang aman dan kuat kepada pengguna tangga saat menaikinya. Tahukah Anda bahwa terdapat beberapa jenis plat strip besi di pasaran?

Plat Kapal

Plat jenis kapal adalah jenis plat strip besi yang paling besar di antara jenis lainnya. Panjang maksimalnya bisa mencapai 6000mm. Sedangkan untuk lebarnya, plat kapal tersedia dalam dua lebar yang berbeda, yaitu 1800mm dan 1500mm. Dinamakan plat kapal karena sering digunakan untuk proyek transportasi laut.

Namun, jenis plat strip besi ini juga dapat digunakan untuk proyek lainnya, seperti kebutuhan fabrikasi dan pembuatan tangki berukuran besar.

Plat Strip

Besi plat strip merupakan jenis plat strip yang banyak digunakan untuk pembuatan pagar, teralis, railing tangga, hingga keperluan ventilasi berbahan besi. Hal ini karena plat strip ini mudah dibentuk dan dicetak sesuai dengan kebutuhan. Plat strip jenis ini hadir dalam berbagai macam ketebalan dan lebar yang berbeda.

Untuk lebarnya berkisar dari 19mm hingga 200mm. Sedangkan ketebalannya beragam mulai dari 3mm hingga 12mm. Anda pun dapat memilih yang sesuai dengan kebutuhan konstruksi Anda.

Plat Bordes

Plat bordes dikenal dengan beberapa nama lain, seperti plat berlian, plat kembang, dan plat lantai. Hal ini karena plat border memiliki corak yang terlihat seperti kembang atau bunga, sehingga dikenal juga dengan nama plat kembang. Selain itu, plat strip jenis ini juga banyak digunakan untuk material lantai, anak tangga, dan kebutuhan transportasi seperti di bus.

Corak atau pola bunga yang ada pada plat bordes menjadikannya tidak licin saat diinjak. Sedangkan untuk ukurannya, plat strip jenis ini biasanya tersedia dalam ukuran 1 meter hingga 2,4 meter.

Plat Strip Hitam

Fungsi utama dari plat strip besi hitam adalah sebagai material penguat. Karena inilah plat strip besi jenis ini sering digunakan sebagai pelengkap rangka baja bangunan, pembuatan tangki, dan dudukan bangunan. Ukurannya berkisar dari 100cm hingga 200cm. Sedangkan untuk ketebalannya berkisar dari 1,2mm higga 200mm.

Tips Memilih Plat Strip Besi

Jika Anda bingung memilih plat strip besi yang sesuai, berikut beberapa tips yang bisa Anda ikuti.

  • Ketahui Dimana Anda Akan Menggunakannya

Jika Anda ingin menempatkan plat strip besi di luar ruangan atau di area dengan kelembaban yang tinggi, pilihlah produk stainless steel. Jika Anda akan menggunakannya untuk keperluan dengan kekuatan mekanis tinggi, pilihlah plat strip besi dengan ketebalan yang cukup tebal dan bahan berkualitas tinggi.

  • Ketahui Fungsi Dan Kegunaannya

Dengan mengetahui jenis plat strip besi serta fungsi dan kegunaan dari setiap jenisnya, akan lebih mudah bagi Anda untuk memilih yang sesuai dengan kebutuhan.

Jadi, besi plat strip mana yang ingin Anda gunakan untuk kebutuhan konstruksi Anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *