Hijabuna

Luxury Indonesian Hijab

Cari Pipa Besi Berkualitas Tinggi? Jangan Lupa Cek 4 Hal Penting Ini!

Posted by:

|

On:

|

Meski mudah ditemukan di toko material bangunan, pipa besi harus dipilih secara teliti. Hal tersebut dilakukan buat menghindari risiko fatal di kemudian hari, misalnya bangunan retak sampai rubuh. Jadi kalau Anda tak mau menghadapi kerugian besar, pastikan mengecek hal-hal ini sebelum membeli.

  1. Kenali material pipa

Besi tentunya menjadi bahan utama yang digunakan dalam pembuatan pipa. Akan tetapi, ada faktor lain seperti teknik dan bahan campuran yang dipakai untuk tujuan tertentu. Bahan-bahan lain seperti seng, nikel, kromium, dan karbon adalah beberapa yang biasanya digunakan.

Sementara teknik yang kerap diaplikasikan adalah pelapisan seperti pada pipa galvanis. Alhasil, pipa lebih tahan lama saat disimpan di tempat lembap.

  1. Ukuran dan bentuk pipa

Pengukuran pipa dapat dilakukan berdasarkan diameter yang tersedia. Panjang dan pendeknya menjadi tolak ukur lainnya yang dijadikan patokan sebelum melakukan pembelian. Oleh karena itu, Anda disarankan mengukur ruangan atau tempat yang bakal dipasangi pipa.

Begitu pula dengan bentuk, ada pipa besi yang punya bentuk bulat dan kotak. Variasi ini pula yang memudahkan Anda menentukan jenis mana yang sesuai dengan tujuan pelasangan.

  1. Jenis sambungan yang tepat

Faktor lainnya yang membantu Anda menemukan pipa yang sesuai adalah sambungannya. Hal tersebut dikarenakan beberapa jenis pipa memerlukan penyambungan dengan tingkat ketelitian tinggi dan tepat. Langkah ini bertujuan untuk mencegah keretakan dan kebocoran.

Bagaimana cara menemukan sambungan yang tepat? Carilah jenis dan diameter yang sama dengan pipa yang dipakai untuk memudahkan instalasinya.

  1. Perekat yang sesuai jenis pipa

Selain sambungan, perekat adalah aspek penting lainnya yang tak boleh Anda lewatkan sebelum membeli pipa. Pada pemakaiannya, perekat dioleskan dan memerlukan waktu satu sampai dua jam sebelum kering. Adapun daya tahannya ditentukan kekuatan adhesive pada bahannya.

Ada pula perekat solvent comment yang memerlukan waktu pengeringan lima sampai enam jam supaya sambungan lebih kuat.

Dengan memperhatikan faktor-faktor ini, Anda diharapkan memperoleh pipa besi yang sesuai dan dibutuhkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *