Hijabuna

Luxury Indonesian Hijab

Materi kuliah data science

Apa Saja Yang Dipelajari Di Jurusan Data Science

Materi kuliah data science secara garis besar berkaitan dengan bahasa pemrograman seperti Python, serta pengolahan data seperti pola komputasi big data, penambangan data, dan analisis data. Selain itu, mahasiswa jurusan data science juga akan mempelajari ilmu lainnya, seperti matematika, statistika, dan sistem informasi. Berikut penjelasan lebih lanjut.

Materi Yang Dipelajari di Jurusan Data Science

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, mahasiswa data science akan mempelajari bahasa pemrograman, terutama yang digunakan untuk penambangan data atau data mining. Mereka juga akan mempelajari tentang ilmu statistika yang dibutuhkan untuk pengolahan dan interpretasi data. Materi bahasa pemrograman ini akan diberikan pada awal semester masa perkuliahan.

Selain itu, ada materi lainnya yang akan dipelajari di semester awal, seperti aljabar linear. Di semester selanjutnya, mahasiswa akan mempelajari algoritma pemrograman, implementasi basis data, perancangan data, struktur data, statistika, teori peluang dan implementasi, sistem manajemen basis data, dan lainnya.

Di pertengahan semester, materi kuliah data science yang diberikan termasuk sains data pada industri, penambangan teks atau text mining, rekayasa dan organisasi sistem big data, keamanan data, rekayasa sistem informasi, dan lainnya. Sedangkan di akhir semester, umumnya mahasiswa diharuskan menjalani program magang atau praktik kerja untuk mengaplikasikan materi-materi yang sudah mereka pelajari.

Pengetahuan dan Keahlian di Bidang Data Science

Berikut adalah pengetahuan dan keahlian yang diberikan di jurusan data science:

  • Pengetahuan konsep dan metode statistika, serta matematika.
  • Pengetahuan model pemrograman.
  • Pengetahuan perangkat lunak (software) sesuai kebutuhan.
  • Kemampuan mengolah dan menganalisis data untuk menghasilkan rekomendasi yang berguna untuk proses pengambilan keputusan.
  • Kemampuan mengambil keputusan berdasarkan data yang tersedia.
  • Kemampuan menguasai bahasa pemrograman, visualisasi data, dan pengambilan informasi.

Dengan pergerakan dan perkembangan teknologi yang terus maju saat ini, banyak industri yang membutuhkan lulusan data science untuk mendukung bisnis mereka. Hal ini tentunya membuka peluang karir yang besar di masa depan. Jadi, apakah kamu tertarik untuk mengambil jurusan ini dan mempelajari materi kuliah data science?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *