Hijabuna

Luxury Indonesian Hijab

jual genset jakarta

Cara Mengetahui Daya Nyata Genset di Tempat Jual Genset Jakarta

Posted by:

|

On:

|

Terdapat banyak pilihan genset (generator set) di tempat jual genset Jakarta. Baik itu jenis atau tipenya, juga merknya serta juga ukuran kapasitasnya. Biasanya selain nama merk dan juga tipenya maka tertera juga ukuran kapasitas genset dalam satuan ukur kVa (kilo Volt ampere). Sedangkan berbagai peralatan yang ada di rumah maupun kantor adalah dalam satuan ukur w (watt). Sehingga perlu dilakukan konversi guna mengetahui nilai kesetaraannya. Berikut ini adalah caranya.

Pedoman Konversi

Guna melakukan konversi maka perlu digunakan nilai acuan daya nyata suatu genset, yaitu 1 kVA setara dengan 0,8 kW atau 800 Watt.

Konversi Daya Nyata Genset

Sebagai gambaran untuk mengetahui daya nyata suatu jual genset Jakarta maka berikut ini adalah contoh perhitungannya. Pada genset dengan kapasitas tertera di labelnya sebesar 100 kVA maka nilai kapasitas daya nyatanya dalam kilowatt ialah sebesar 80 kW atau setara dengan 80.000 Watt. 

Rumus Daya Nyata Genset

Berikut ini adalah beberapa rumus yang bisa digunakan.

Rumus Daya Nyata Genset dalam Watt

Kapasitas tertera dalam kVA x (800 W / kvA) 

Rumus Daya Nyata Genset dalam kiloWatt

Kapasitas tertera dalam kVA x (0,8 kW / kvA) 

Contoh Cara Menghitung

Cara menghitungnya sebagai berikut.

100 kVA x (800 w / 1 kVa) = 80.000 watt

atau

100 kVA x (0,8 kW / 1 kVa) = 80 kW

Total Kebutuhan Daya Listrik

Guna mengetahui kebutuhan daya listrik dari suatu bangunan seperti rumah ataupun kantor, maka perlu dihitung keseluruhan kebutuhan daya dari berbagai peralatan listrik yang ada dan aktif digunakan setiap harinya. Dalam hal ini seperti, lampu, rice cooker, pompa air, komputer desktop, ac (Air Conditioner), kulkas, oven, dispenser, printer, mesin fax, mesin fotokopi, laptop, microwave, air purifier, kompor listrik, hair dryer, vacum cleaner, setrikaan, dan lain sebagainya.

Rumus Menghitung Kapasitas Genset Sesuai Kebutuhan

Guna mengetahui ukuran kapasitas jual genset Jakarta yang perlu dibeli sesuai total kebutuhan listrik suatu bangunan per hari maka berikut ini adalah rumusnya.

Total kebutuhan daya listrik dalam watt x 1/800 W

atau

Total kebutuhan daya listrik dalam kilowatt x 1 / 0,8 kW

Contoh Perhitungan Kapasitas Genset Sesuai Kebutuhan

Jadi misalnya total kebutuhan daya listrik pada suatu bangunan per hari adalah sekitar 800 kW atau 800.000 Watt, maka jual genset Jakarta yang perlu dibeli adalah yang kapasitasnya di atas 1.000 kVa.

Cara Menghitungnya

Berikut ini adalah contoh cara menghitungnya.

800.000 w x 1/800 w = 1.000 kVa

atau

800 kW x 1 / 0,8 kW = 800 kW x 10/8 = 800 x 1,25 = 1.000 kVa

Sebaiknya beli genset dengan selisih lebih dari total kebutuhan pasokan daya listrik pada suatu bangunan. Namun dengan selisih yang tidak terlalu besar, agar tidak menjadi boros. Jangan beli genset dengan ukuran yang lebih kecil karena nanti tidak akan cukup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *